S E H A T

Baca dan Anda pun semakin Sehat

  • ...........Penulis..........

  • Protected by Copyscape Plagiarism Checker
  • ……..Kategori………

  • …………Arsip…………

  • …….Alih bahasa……

  • …………Baner…………

  • Universitas Indonesia
  • Pusat Informasi Beasiswa UI

Kesehatan Masyarakat

thisispublichealth

Tidak banyak orang yang benar-benar tahu, pihak-pihak mana saja yang sebenarnya memiliki andil besar dalam menciptakan suatu masyarakat yang sehat. Rasanya pun jadi tidak aneh apabila sebuah Quesioner disebarkan, akan sedikit sekali yang mengenal apa sebenarnya arti/peran kesehatan masyarakat itu. “Yang pasti, tenaga Kesehatan masyarakat itu, tenaga orang-orang yang suka nyuluh-nyuluh, lah!”

Fenomena “Kesehatan Masyarakat” ini memang tidak akan aneh ditemukan di Indonesia. Bahkan, ketika salah seorang teman saya sedang berbincang-bincang dengan temannya yang seorang calon teknokrat (baca: saya mengatakan calon karena pada saat itu mereka masih berstatus mahasiswa baru), dengan mudahnya meluncur pertanyaan, “Emangnya, kalau masuk FKM (Fakultas Kesehatan masyarakat ), lulus nanti jadi apa, sih?”

Saya mengatakan sekali lagi, sungguh, fenomena ini memang sebuah fenomena yang tidak asing ditemukan di Indonesia. Tidak masalah jika memang kenyataannya, toh, sosialisasi Kesehatan Masyarakat di Indonesia memang masih jauh dari harapan. Oleh karena itu, saya akan berusaha memberi tahu sedikit informasi bermanfaat mengenai Kesehatan Masyarakat.

Kesehatan masyarakat (Public Health) adalah ilmu dan seni mencegah penyakit, memperpanjang hidup dan meningkatkan kesehatan melalui usaha-usaha yang terorganisasi dan pilihan informasi masyarakat, organisasi, publik dan swasta, masyarakat dan individu (1920, C.E.A. Winslow). Kesehatan masyarakat adalah sebuah bidang studi interdisipliner, yang berarti bahwa dibutuhkan banyak spesialisasi yang berbeda untuk membangun sebuah sistem kesehatan publik yang kuat. Banyak disiplin ilmu kesehatan masyarakat dalam memainkan peran kunci dalam tanggap darurat. Menilik dari definisinya, Kesehatan Masyarakat merupakan sebuah ilmu yang cukup luas sehingga di dalam penerapannya pun masih membutuhkan pembagian-pembagian tugas. Sebagai klarifikasi, Kesehatan Masyarakat terdiri dari berbagai berbagai disiplin ilmu yang lebih spesifik lagi, disiplin-disiplin ilmu tersebut di antaranya ialah Epidemiologi, Biostatistika,  Gizi, Administrasi Kebijakan Kesehatan (AKK), Kesehatan Reproduksi, Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3), Pendidikan Kesehatan dan Ilmu Perilaku (PKIP), dan Kesehatan Lingkungan (KL).

Secara keseluruhan, fokus dari ilmu Kesehatan Masyarakat ialah untuk mempromosikan perilaku sehat kepada masyarakat untuk mencegah terjadinya masalah-masalah kesehatan di dalam masyarakat.  Ahli kesehatan masyarakat merupakan bagian dari masyarakat yang memiliki tanggung jawab dalam mempromosikan hidup sehat bahkan hingga bagi masyarakat yang masih jauh tertinggal.

Karir kesehatan masyarakat menawarkan sesuatu untuk setiap orang. Epidemiologi dan biostatistik melibatkan matematika dan perencanaan/modeling. Kesehatan lingkungan meliputi berbagai keterampilan sains. Administrasi kebijakan kesehatan menggabungkan administrasi kesehatan bisnis dan manajemen keterampilan serta kebijakan kesehatan meliputi pemahaman tentang proses pembuatan undang-undang. Pendidikan kesehatan dan ilmu perilaku melibatkan keahlian yang dibutuhkan untuk mengembangkan masyarakat luas program pencegahan terhadap penyakit.

Perlu diperhatikan bahwa sisi menarik illmu kesehatan masyarakat barangkali jarang disadari oleh masyarakat/bahkan pengemban ilmunya sendiri. Tidak pernah ada menjadi lebih menarik waktu untuk mengejar karir di bidang kesehatan masyarakat. Mengapa? Karena

  1. Kebanyakan ahli sepakat bahwa kemajuan besar dalam perbaikan kesehatan selama beberapa dekade berikutnya tidak akan datang dari temuan-temuan medis baru atau menyembuhkan, melainkan pembangunan yang lebih luas dan penerapan berdasarkan populasi program pencegahan.
  2. Pelayanan kesehatan sistem pengiriman sedang mengalami perubahan yang cepat. Penekanan yang lebih besar sedang ditempatkan pada promosi kesehatan dan pencegahan penyakit sebagai alat untuk mengurangi biaya perawatan kesehatan dengan meningkatkan populasi kita. Perubahan ini telah menciptakan array yang luas peluang baru bagi para profesional dengan pelatihan lanjutan dalam kesehatan masyarakat.
  3. Ketika masyarakat telah menjadi lebih tahu tentang efek limbah beracun dan polutan pada kesehatan mereka, penekanan yang lebih besar sedang ditempatkan pada menjamin keselamatan masyarakat kita serta kesehatan dan keselamatan pekerja. Akibatnya, ada meningkatnya permintaan akan ahli di lingkungan industri kesehatan dan kebersihan.
  4. Penelitian kesehatan publik adalah lebih memfokuskan pada kesehatan perempuan, dan anak dan penggunaan narkoba, dan peningkatan penekanan sedang ditempatkan pada perubahan perilaku untuk mencegah resiko penyakit menular seksual, HIV / AIDS, tuberkulosis, dan kehamilan yang tidak direncanakan. Penekanan yang lebih besar juga ditempatkan pada kesehatan sekolah dan kesehatan populasi minoritas dan kurang beruntung. [What is public health]

Public

Satu Tanggapan to “Kesehatan Masyarakat”

  1. meta said

    koq gizi kesehatan masyarakat tidak tercantum di salah satu disiplin ilmu FKM dalam tulisan ini ya??….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: